BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Komunikasi pemasaran (bahasa Inggris: marketing communication)
adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan
mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan
merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara"
perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat
dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran bagi
konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang
bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa,
serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek
serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.
Dalam persaingan perusahaan khususnya perusahaan asuransi jiwa
yang semakin tajam dewasa ini maka kepercayaan nasabah merupakan prioritas yang
utama. Pelaksanaan atau kinerja yang dilakukan oleh Marketing Communication dalam perusahaan PT.
Prudential Life Assurance haruslah sesuai dan harus memperlihatkan hal-hal yang
dianggap penting oleh nasabah dan calon nasabah.
Salah
satu teori yang menggambarkan komunikasi tersebut adalah strategi komunikasi
pemasaran, konsep pemasaran yang menyatakan bahwa agar komunikasi pemasaran
berhasil pemasar harus menentukan kebutuhan dan keinginan nasabah sasaran dan
memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efisien dan lebih efektif
daripada pesaing, dengan demikian strategi pemasaran harus disesuaikan bukan
saja dengan sasaran nasabah api juga dengan strategi-strategi para pesaing yang
melayani konsumen sasaran yang sama. Agar berhasil pemasaran harus merumuskan
strategi-strategi yang memperkuat posisi tawaran-tawarannya dibandingkan
tawaran-tawaran pesaing dalam benak konsumen. (Bulaeng 2003:78)
B. Rumusan Masalah
Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan
penjualan asuransi jiwa?
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut Onong Uchjana Effendy (1998:60) Komunikasi
adalah proses penyampaian suatu pesan dalam bentuk lambang-lambang yang
bermakna sebagai panduan pikiran dan perasaan berupa ide, informasi,
kepercayaan, harapan, himbauan, dan sebagainya yang dilakukan oleh seseorang
kepada orang lain baik langsung secara tatap muka maupun tidak langsung melalui
berbagai media dengan tujuan mengubah sikap, pandangan atau prilaku.
PT. Prudential Life Assurence merupakan perusahan asuransi yang
bergerak di bidang jasa, menjual produk-produk asuransi serta memiliki tenaga
pemasaran di mana penjualan jasanya menggunakan komunikasi pemasaran atau
disebut juga marketing communication karena PT Prudential Life Assurance ingin menginformasikan,
mengingatkan, dan membujuk konsumen atau nasabahnya agar mau membeli produk
asuransi yang di tawarkan oleh tenaga pemasaran masing-masing. Di sanalah
dibutuhkan keterampilan dan seni tenaga pemasaran agar nasabah mau membeli produk asuransi jiwa, sesuai dengan
motto dari PT. Prudential Life Assurance yaitu Always Listening Always
Understanding dimana motto itu di harapkan tenaga pemasaran selalu mendengar dan mengerti apa yang
dibutuhkan nasabah. Langkah yang paling penting dalam menyusun kebijakan
pemasaran adalah bagaimana kita mengetahui pasar sasaran, proses identifikasi
pasar sasaran (target marketing). Diawali dengan melakukan identifikasi
segmen pasar yang mungkin bisa dimasuki dengan memahami perilaku konsumen, dari
proses identifikasi segmen pasar langkah selanjutnya adalah menentukan pasar
sasaran berupa bauran pasar (marketing mix) yang meliputi empat hal
pokok atau dapat disebut juga 4P yaitu: a. Product (produk) b. Price (harga)
c. Promotion (promosi) d. Place (tempat)
Komunikasi Pemasaran sangat penting dilakukan penjualan jasa
asuransi jiwa. Untuk meningkatkan penjualan jasa asuransi jiwa, perusahaan
mengadakan promosi melalui media berupa iklan televisi, website, brosur dan
sejumlah pamplet di jalan yang bertuliskan PRUDENTIAL kemudian melakukan
promosi melalui sekian banyaknya jumlah tenaga pemasaran yang mempromosikan
produk asuransi jiwa melalui pendekatan kepada nasabah yaitu apa yang di
butuhkan dan diinginkan nasabah, door to door, refrensi nasabah, penyuluhan
mengenai pentingnya manfaat asuransi jiwa dan lainnya. Kini perusahaan asuransi
jiwa prudential merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar dan no 1 di indonesia berkat keberhasilan tenaga
penjual yang mempromosikan produk asuransi jiwa dengan memberikan kepercayaan
kepada nasabah membeli produk asuransi jiwa disamping itu kepercayaan nasabah
ditingkatkan dengan pelayanan claim nasabah, keluhan-keluhan nasabah yang ditangani
secara cepat dan tepat. Kemudian Salah satu tugas penting Marketing
Communication di PT Prudential Life Assurance adalah
menyosialisasikan program asuransi baik produk asuransi jiwa yang lama maupun
produk asuransi jiwa yang baru. Seperti telah dijelaskan di atas produk
asuransi jiwa prudential merupakan suatu program asuransi yang mempunyai berbagai kelebihan yang dapat
memudahkan nasabahnya. Hal ini bertujuan agar nasabah merasa nyaman membuka
polis asuransi di PT.Prudential Life Assurance.
Agar dapat menarik minat para calon nasabah, Marketing
Communication PT Prudential Life Assurance haruslah mampu meyakinkan
mereka bahwa produk asuransi + investasi
lebih memberikan keuntungan dibandingkan program asuransi lainnya. Di
sinilah seorang Marketing Communication harus menggunakan ilmu dan seni
komunikasi yang dia miliki, karena berhasil atau tidaknya proses sosialisasi
ini sangat bergantung pada cara atau strategi Marketing Communication dalam
menarik minat calon nasabah.
Keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya ditinjau dari seberapa
banyak produk atau jasa yang ditawarkan kepada nasabah. Namun juga ada faktor
lain yang menentukan penilaian unggul atau tidaknya suatu perusahaan asuransi
dalam persaingannya dengan asuransi jiwa lain. Faktor tersebut adalah strategi Marketing
Communication dalam membangun dan mempertahankan citra baik perusahaan dan
produk perusahaan baik di kalangan nasabah maupun calon nasabah.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam perusahaan asuransi jiwa yang bergerak
di bidang jasa atau pelayanan marketing
communication sangat di butuhkan untuk meningkatkan penjualan produk-produk
asuransi jiwa karena semakin banyak tenaga pemasaran yang menjual produk
asuransi dengan tekhnik marketing communication maka akan nasabah yang mau ikut
dan percaya dengan produk asuransi yang di tawarkan maka semakin meningkat pula
penjualan asuransi prudential.
DAFTAR PUSTAKA
Website :
www.google.co.id/komunikasi pemasaran
Drs. Herman Darmawi. 2006. Manajemen
Asuransi. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku
Konsumen. Kencana. Jakarta.
Parkinson, Northcote C. 1993. Marketing
Potensial. Dahara Prize. Semarang.
BalasHapusHi Guys.. Berikut ini saran saya sebelum membeli Polish Asuransi
Memang sebenarnya kesalahan sendiri bukan dari Perusahaan Asuransi nya.,karena setiap perusahaan aasuransi tidak mungkin menipu nasabah , karena mereka sendiri sudah ada peraturan yang berlaku dari pemerintah. Kesahalahan bisa terjadi dari agent dan nasabah sendiri.
1.agent tidak mengisi data dengan jujur dan atau tidak menginformasikan data nasabah dengan jujur , lengkap dan benar.
2.agent tidak menjelaskan produk yang benar dan jelas kepada nasabah.
3.agent tidak ada upaya membantu claim nasabah, maupun membantu mengurus data2 yang di perlukan
itu kalau dari pihak agent, tapi tidak menutup kemungkinan kalau nasabah sendiri tidak melakukan kesalahan..
seperti awal dari membeli polish , mereka tidak mencari informasi dengan lengkap dan jelas. adapula yang menutupi segala jenis penyakit yang dideritanya.dengan berharap akan mendapat uang claim setelah mereka membeli polish.
MAKA AKAN BAIKNYA SEBELUM MEMBELI POLISH. NASABAH HARUS MENGETAUI DULU APA KEPERLUAN DAN KEPENTINGAN DARI KEBUTUHAN MREKA, MENCARI INFORMASI SELENGKAP2NYA DAN BERTANYA YANG JELAS KEPADA AGENT MAUPUN KERABAT SAUDARA YANG SUDAH MEMPUNYAI POLISH. DAN DI HARAPKAN SALING JUJUR DALAM MENGISI DATA PRIBADI NASABAH. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tidak ada yang di rugikan di kemudian hari. Terima Kasih.
Agent Prudential
Hermanto Chan
BB : 2921DCCC
HP : 081287972023
YM: hermanto_office@yahoo.com
FB : hermanto.candra.1@facebook.com