Selasa, 05 Februari 2013

MENINGKATKAN PENJUALAN ASURANSI JIWA PT.PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE MELALUI MARKETING KOMUNIKASI



BAB I
PENDAHULUAN 

            A. Latar Belakang Masalah
Komunikasi pemasaran (bahasa Inggris: marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.
Dalam persaingan perusahaan khususnya perusahaan asuransi jiwa yang semakin tajam dewasa ini maka kepercayaan nasabah merupakan prioritas yang utama. Pelaksanaan atau kinerja yang dilakukan oleh Marketing Communication dalam perusahaan PT. Prudential Life Assurance haruslah sesuai dan harus memperlihatkan hal-hal yang dianggap penting oleh nasabah dan calon nasabah.

Salah satu teori yang menggambarkan komunikasi tersebut adalah strategi komunikasi pemasaran, konsep pemasaran yang menyatakan bahwa agar komunikasi pemasaran berhasil pemasar harus menentukan kebutuhan dan keinginan nasabah sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efisien dan lebih efektif daripada pesaing, dengan demikian strategi pemasaran harus disesuaikan bukan saja dengan sasaran nasabah api juga dengan strategi-strategi para pesaing yang melayani konsumen sasaran yang sama. Agar berhasil pemasaran harus merumuskan strategi-strategi yang memperkuat posisi tawaran-tawarannya dibandingkan tawaran-tawaran pesaing dalam benak konsumen. (Bulaeng 2003:78) 


B. Rumusan Masalah
Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan penjualan asuransi jiwa?



 

BAB II
PEMBAHASAN

Menurut  Onong Uchjana Effendy (1998:60) Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan dalam bentuk lambang-lambang yang bermakna sebagai panduan pikiran dan perasaan berupa ide, informasi, kepercayaan, harapan, himbauan, dan sebagainya yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik langsung secara tatap muka maupun tidak langsung melalui berbagai media dengan tujuan mengubah sikap, pandangan atau prilaku.
PT. Prudential Life Assurence merupakan perusahan asuransi yang bergerak di bidang jasa, menjual produk-produk asuransi serta memiliki tenaga pemasaran di mana penjualan jasanya menggunakan komunikasi pemasaran atau disebut juga marketing communication karena PT Prudential Life Assurance ingin menginformasikan, mengingatkan, dan membujuk konsumen atau nasabahnya agar mau membeli produk asuransi yang di tawarkan oleh tenaga pemasaran masing-masing. Di sanalah dibutuhkan keterampilan dan seni tenaga pemasaran agar nasabah mau  membeli produk asuransi jiwa, sesuai dengan motto dari PT. Prudential Life Assurance yaitu Always Listening Always Understanding dimana motto itu di harapkan tenaga pemasaran  selalu mendengar dan mengerti apa yang dibutuhkan nasabah. Langkah yang paling penting dalam menyusun kebijakan pemasaran adalah bagaimana kita mengetahui pasar sasaran, proses identifikasi pasar sasaran (target marketing). Diawali dengan melakukan identifikasi segmen pasar yang mungkin bisa dimasuki dengan memahami perilaku konsumen, dari proses identifikasi segmen pasar langkah selanjutnya adalah menentukan pasar sasaran berupa bauran pasar (marketing mix) yang meliputi empat hal pokok atau dapat disebut juga 4P yaitu: a. Product (produk) b. Price (harga) c. Promotion (promosi) d. Place (tempat)
Komunikasi Pemasaran sangat penting dilakukan penjualan jasa asuransi jiwa. Untuk meningkatkan penjualan jasa asuransi jiwa, perusahaan mengadakan promosi melalui media berupa iklan televisi, website, brosur dan sejumlah pamplet di jalan yang bertuliskan PRUDENTIAL kemudian melakukan promosi melalui sekian banyaknya jumlah tenaga pemasaran yang mempromosikan produk asuransi jiwa melalui pendekatan kepada nasabah yaitu apa yang di butuhkan dan diinginkan nasabah, door to door, refrensi nasabah, penyuluhan mengenai pentingnya manfaat asuransi jiwa dan lainnya. Kini perusahaan asuransi jiwa prudential merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar dan no 1  di indonesia berkat keberhasilan tenaga penjual yang mempromosikan produk asuransi jiwa dengan memberikan kepercayaan kepada nasabah membeli produk asuransi jiwa disamping itu kepercayaan nasabah ditingkatkan dengan pelayanan claim nasabah, keluhan-keluhan nasabah yang ditangani secara cepat dan tepat. Kemudian Salah satu tugas penting Marketing Communication di PT Prudential Life Assurance adalah menyosialisasikan program asuransi baik produk asuransi jiwa yang lama maupun produk asuransi jiwa yang baru. Seperti telah dijelaskan di atas produk asuransi jiwa prudential merupakan suatu program asuransi  yang mempunyai berbagai kelebihan yang dapat memudahkan nasabahnya. Hal ini bertujuan agar nasabah merasa nyaman membuka polis asuransi di PT.Prudential Life Assurance.

Agar dapat menarik minat para calon nasabah, Marketing Communication PT Prudential Life Assurance haruslah mampu meyakinkan mereka bahwa produk asuransi + investasi  lebih memberikan keuntungan dibandingkan program asuransi lainnya. Di sinilah seorang Marketing Communication harus menggunakan ilmu dan seni komunikasi yang dia miliki, karena berhasil atau tidaknya proses sosialisasi ini sangat bergantung pada cara atau strategi Marketing Communication dalam menarik minat calon nasabah.
Keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya ditinjau dari seberapa banyak produk atau jasa yang ditawarkan kepada nasabah. Namun juga ada faktor lain yang menentukan penilaian unggul atau tidaknya suatu perusahaan asuransi dalam persaingannya dengan asuransi jiwa lain. Faktor tersebut adalah strategi Marketing Communication dalam membangun dan mempertahankan citra baik perusahaan dan produk perusahaan baik di kalangan nasabah maupun calon nasabah.



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam perusahaan asuransi jiwa yang bergerak di bidang jasa atau pelayanan marketing communication sangat di butuhkan untuk meningkatkan penjualan produk-produk asuransi jiwa karena semakin banyak tenaga pemasaran yang menjual produk asuransi dengan tekhnik marketing communication maka akan nasabah yang mau ikut dan percaya dengan produk asuransi yang di tawarkan maka semakin meningkat pula penjualan asuransi prudential.






DAFTAR PUSTAKA

Website :
Drs. Herman Darmawi. 2006. Manajemen Asuransi. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.
Parkinson, Northcote C. 1993. Marketing Potensial. Dahara Prize. Semarang.




1 komentar:


  1. Hi Guys.. Berikut ini saran saya sebelum membeli Polish Asuransi

    Memang sebenarnya kesalahan sendiri bukan dari Perusahaan Asuransi nya.,karena setiap perusahaan aasuransi tidak mungkin menipu nasabah , karena mereka sendiri sudah ada peraturan yang berlaku dari pemerintah. Kesahalahan bisa terjadi dari agent dan nasabah sendiri.

    1.agent tidak mengisi data dengan jujur dan atau tidak menginformasikan data nasabah dengan jujur , lengkap dan benar.

    2.agent tidak menjelaskan produk yang benar dan jelas kepada nasabah.

    3.agent tidak ada upaya membantu claim nasabah, maupun membantu mengurus data2 yang di perlukan



    itu kalau dari pihak agent, tapi tidak menutup kemungkinan kalau nasabah sendiri tidak melakukan kesalahan..

    seperti awal dari membeli polish , mereka tidak mencari informasi dengan lengkap dan jelas. adapula yang menutupi segala jenis penyakit yang dideritanya.dengan berharap akan mendapat uang claim setelah mereka membeli polish.



    MAKA AKAN BAIKNYA SEBELUM MEMBELI POLISH. NASABAH HARUS MENGETAUI DULU APA KEPERLUAN DAN KEPENTINGAN DARI KEBUTUHAN MREKA, MENCARI INFORMASI SELENGKAP2NYA DAN BERTANYA YANG JELAS KEPADA AGENT MAUPUN KERABAT SAUDARA YANG SUDAH MEMPUNYAI POLISH. DAN DI HARAPKAN SALING JUJUR DALAM MENGISI DATA PRIBADI NASABAH. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tidak ada yang di rugikan di kemudian hari. Terima Kasih.





    Agent Prudential

    Hermanto Chan

    BB : 2921DCCC

    HP : 081287972023

    YM: hermanto_office@yahoo.com

    FB : hermanto.candra.1@facebook.com

    BalasHapus